Logo STAI Al-Maliki

Pelatihan Bimbingan Teknis Penerbitan Jurnal oleh LP3M STIT Al-Urwatul Wutsqo Jombang bekerja sama dengan STAI Al Maliki Bondowoso

26 views
  • SHARE :

Sebagai perguruan tinggi yang mengusung tagline Kampus Tafaqquh-Progresif, STAI Al-Maliki Bodowoso terus bergerak maju,  progresif memperbaiki kualitas three dharma perguruan tinggi, upaya tersebut diantaranya berkunjung ke Kampus STIT Al-Urwatul Wutsqo Jombang (STIT-UW) pada tanggal 17-19 Mei 2024. Kunjungan tersebut dikemas dalam penanda tanganan kerjasama MOu kedua belah pihak dan pelatihan bimbingan teknis penerbitan jurnal oleh LP3M STIT kepada LP2M STAI Al-Maliki Bondowoso.  

Melihat lebih dekat STIT UW Jombang ini, banyak kejutan-kejutan menarik didalamnya. Meskipun statusnya masih Sekolah Tinggi namun kami menilai kampus ini sudah layak alih status Institut. Mahasiswanya sudah lebih 1.200 dan rata² pembiayaannya gratis. Bagaimana biaya operasionalnya? "Mahasiswa bayar semampunya, pesantren punya usaha peternakan, pertanian dll" ungkapnya, Dr. Ali Musthofa, M.Pd. Beliau sebagai Waket 1. Beliau asli santri pesantren tersebut, nyantri sebelum ada kampus, asalnya dari Demak. "Mungkin rahasianya juga dari pengasuh pesantren, karena para pengasuh pesantren kami mengamalkan Thoriqoh Syadziliah" lanjutnya. Sisi lain yang menarik dari kampus ini terletak didalam Kebun Kelengkeng. Pohon kelengkeng itu tumbuh subur, tinggi menjuntai hampir menutupi badan kampus yang 4 lantai itu.

Kami mengira pantas saja pembiayaan mahasiswa digratiskan, paling diambilkan dari panen buah kelengkeng itu, ternyata bukan. " Buah kelengkeng ini banyak yang diambil orang, sisanya baru dijual online" tuturnya Dr. Ali Musthofa.

Yang juga sangat menarik dan menjadi keunggulan kampus ini, STIT UW Jombang sudah memiliki 8 jurnal terakreditasi dan ber-Sinta. Diantara jurnalnya; Urwatul Wutsqo (Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman- Sinta 5), Ilmuna (Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam- Sinta 5), Al Idaroh (Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam - Sinta 5), At Tadbir (Jurnal Pendidikan Islam), An Naf'ah (Jurnal Pengabdian Masyarakat), Islamic Learning Jurnal (Jurnal Pendidikan Islam), Ziyadah ( Jurnal Nasional Penelitian dan Pembelajaran PAI) dan Irsyaduna (Jurnal Studi Kemahasiswaan).

Dalam kunjungan tersebut disambut oleh Wakil Ketua I bidang akademik STIT UW Jombang (Dr. Ali Mustofa, M.Pd.I), Ketua LP3M (Ahmad Budiyono, S.Pd.I.,M.Pd), Skretaris LP3M (Nurul Indana, S.Pd.I, M.Pd), Anggota LP3M (Noor fatikah, S.Pd.I. M.Pd), Anggota LP3M (Desy Naelasari, S.Pd.I., M.Pd), dan Ika Winarti, M.Pd.

Acara dimulai dengan pembukaan ceremonial, dan dilanjut pelatihan, pelatihan sesi pertama diisi oleh Dr. Ali Mustofa, M.Pd.I terkait penulisan artikel, pengajuan ISSN, EISSN jurnal dan pengajuan akreditasi SINTA, adapun sesi kedua diisi oleh ketua LP3M (Ahmad Budiyono, S.Pd.I.,M.Pd), terkait teknis proses penataan web rumah jurnal dan proses submite sampai publish jurnal.

Rombongan dari STAI Al-Maliki Bondowoso ada lima orang dari unsur pimpinan, LP2M. dan pengelola jurnal, yaitu bapak Muhammad Yunus, S.E.Sy., M.H, bapak Ifan Ali Al Fatani, S.Pd., M.Pd. , bapak Abdussalam Supriadi, S.Pd.,M.Pd , bapak Abdul Hanif, S.H.,M.H, dan Mohammad Samsul Arifin, S.H.,M.H,.

 

Syamsul M. Arifin/HKI/2024

Berita Lainnya
  • STAI Al-Maliki Bondowoso Adakan Dialog Kebangsaan
    selengkapnya
  • FAI UMM Sambut Kunjungan Dari STAI Sayyid Muhammad Alwi Almaliki Bondowoso
    selengkapnya
  • Pesan Kepala Kemenag pada Mahasiswa PPL STAI Al- Maliki, Jangan Canggung Bertanya Ilmu
    selengkapnya